Spiritualitas Ekaristi di Dalam Karya dan Pekerjaan

Misteri Tubuh dan Darah Kristus senantiasa hadir ketika kita merayakan ekaristi. Di situ kita mengenangkan perjamuan akhir dan peristiwa agung pengorbanan Yesus di kayu salib demi keselamatan umat manusia. Oleh karena itu, rasa syukur atas karya keselamatan melalui pengorbanan Yesus di kayu salib dihayati mendarah daging dalam seluruh kehidupan melalui spiritualitas ekaristi, terutama dalam pekerjaan dan kegiatan karya-karya setiap hari.

Rasa terima kasih dan syukur yang terbagus untuk dihayati adalah meneruskannya kepada orang lain. Kegembiraan tidak berhenti pada diri sendiri, namun meluap dan terus mengalir dalam pekerjaan-peker jaan dan semangat kita. Dengan demikian Tubuh dan Darah Kristus dalam Ekaristi menjadi sumber motivasi untuk bekerja dengan penuh suka cita dan syukur. Mengapa? Karena Tuhan yang hadir mendatangi kita pada saat perayaan Ekaristi, kita terima menyatu dalam diri kita serta menjadi sumber kekuatan iman dan kerja yang kita lakukan.

Pekerjaan dengan aneka tantangan seperti dikejar target dan deadline, serta dinamika perubahan-perubahan kita laksanakan dengan sukacita. Sumber utamanya adalah karya keselamatan melalui Tubuh dan Darah Kristus sebagai kekuatan sukacita didalam setiap usaha dan pekerjaan. Membanting tulang setiap hari, mencari solusi atas kendala dan masalah yang ada di pekerjaan, menciptakan peluang pekerjaan untuk mereka yang memerlukan, semuanya mengalir dari rasa syukur dan sukacita atas karya keselamatan melalui Tubuh dan Darah Kristus yang sudah terlebih dahulu dilimpahkan kepada kita.

Melalui pekerjaan kita semakin akrab dan bersatu dalam dinamika karya keselamatan Tuhan. Spiritualitas ekaristi oleh karenanya menjadi kekuatan untuk terus bertumbuh melalui karya dan pekerjaan-perkerjaan. Menciptakan waktu untuk bekerja dan menciptakan waktu untuk berbagi dalam pelayanan membuat pekerjaan kita semakin bermakna. Spiritualitas Ekaristi dengan demikian menjadi sumber hidup dan kekuatan di setiap pekerjaan dan karya-karya pengabdian.

Semoga dengan perayaan Tubuh dan Darah Kristus dan spiritualitas Ekaristi, pekerjaan serta karya dan hidup beriman makin berkenan pada Tuhan dan makin membuat suka cita masyarakat sekitar dalam Tuhan.

Penulis : Anastasia Bintari Kusumastuti - Tim Kontributor Kolom Katakese

Gambar : Dokumentasi prbadi Warta Teresa


Post Terkait

Comments