Setia Mempertahankan Iman

Saudara/i yang dikasihi Tuhan kita Yesus Kristus, pada Minggu Biasa XXXIII kembali kita bersama diajak untuk mendengar dan melakukan dalam perjalanan hidup kita apa yang Tuhan kehendaki supaya kita perbuat.

SETIA MEMPERTAHANKAN IMAN yang merupakan tema renungan kita pada Minggu ini. Bacaan dari Mal. 4:1-2a mengenai hari Tuhan. Hari itu datang, menyala seperti perapian dan setiap orang gegabah dan fasik menjadi jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu. Tetapi orang yang takut akan nama Tuhan, baginya terbit surya kebenaran.

Pada bacaan 2 Tes.3:7-12 Berdoa dan Bekerja. Bacaan Injil Luk. 21:5-19 BAIT ALLAH AKAN DIRUNTUHKAN. Kembali ke tema kita: SETIA MEMPERTAHANKAN IMAN. Kesetiaan yang ingin kita pertahankan tolak ukurnya atau batu loncatannya adalah Yesus sendiri, yang terlebih dahulu mengaktualisasikannya dalam tugasnya sebagai Sang Penebus. Kesetiaan Kristus sebagai Pemimpin Pembangunan rumah  Allah terbukti melalui penyelesaian misi penebusan sampai tuntas itu semua karena Kristus setia dan Ia percaya kepada Bapa. Karena cintanya kepada manusia kita pun dituntut agar dalam situasi apapun tetap setia mempertahankan Iman untuk dapat menikmati berkat-berkat yang tersedia di dalam Kristus.

Ketika kita mengalami situasi sulit misalnya ketika perang, penyakit atau keadaan lain yang membuat kita sendirian/terisolasi, sangatlah sulit untuk setia dalam Iman dan bahkan ketika mengalami penderitaan batin yang berat. Namun kita bisa bercermin lewat pengalaman orang-orang suci yakni para Santo-Santa yang berjuang SETIA MEMPERTAHANKAN IMAN dan telah menjalani hidup dalam situasi yang sulit melakukan pekerjaannya yang paling abadi saat mereka sendirian tetap sebagai murid. Mereka kembali dapat membagikan iman mereka.

Saat ini pun pengalaman para Santo-Santa yang demikian juga bisa terjadi dalam diri kita. Tinggal keputusannya pada kita masingmasing. Pada bacaan pertama, hari Tuhan akan datang menyala seperti perapian orang gegabah akan seperti jerami yang terbakar. Tetapi orang yang takut akan Dia akan terbit surya kebenaran. Pada bacaan kedua BERDOA dan BEKERJA
inilah yang dihidupi oleh orangorang suci sehingga terbitlah surya kebenaran bagi mereka. Karena kita tidak diharapkan hanya mengagumi bangunan Bait Allah yang dihiasi dengan batu-batu indah dengan berbagai barang persembahan. Karena akan datang harinya semuanya akan diruntuhkan.

Semoga kita semua diberi berkat untuk mampu SETIA MEMPERTAHANKAN IMAN untuk dapat kita bagikan kepada sekitar kita sebagai bukti cinta kita bagi Kekasih Jiwa kita yakni yang Tersalib. SEMOGA. Amin

Penulis : Sr. Loren SFMA.

Gambar : Dokumentasi prbadi Warta Teresa


Post Terkait

Comments