Rosario WULAN

Pandemi COVID-19 masih terus berlangsung. Dengan situasi tersebut, banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan di luar rumah apalagi bagi para lansia yang rentan tertular virus Corona. Untuk mengobati rasa rindu dimana para lansia biasa berkumpul dan berkegiatan dengan teman-temannya, pengurus lalu mengajak dan membimbing untuk doa rosario bersama secara virtual.

"Hallo, halloooo ... halloo ..., eeeh wajahku terlihat atau tidak? Cek suara dong ... kok hilang-hilang ya suaranya ..." Itulah bising dan hebohnya para pengurus dan WULAN yang akan melakukan doa Rosario melalui Zoom. Semua masih belajar hingga terdengar berebut suara sebelum mulai. Kami antusias dan gembira.

Begitulah suasana di Sabtu pagi, 17 Oktober 2020 yang dihadiri 30 orang termasuk Romo Antara dan Dewan Pendamping Harian Bidang Persekutuan Ibu Ignatia Titi. Akhirnya Rosario yang dijadwalkan akan mulai pada pukul 09.30 jadi mundur dan baru mulai pukul 09.50. Meskipun perdana tapi akhirnya Rosario bisa berjalan. Ibu Sisilia Daeng sebagai host membuka dengan salam dan ajakan untuk mematikan semua mikrofon kecuali para petugas Rosario. Lalu terdengarlah suara Ibu Nancy Wangke yang memimpin doa. Lagu pembukaan dimulai ... sangat indah lagunya dan semua peserta yang berjumlah 30 orang ikut menyanyi dari rumah masing-masing.

Lantunan doa Salam Maria terus mengalir dari para petugas. Pada peristiwa ke 2 tiba-tiba petugas berhenti pada butiran yang ke 6 .... ada yang melanjutkannya, seorang Oma mungkin tidak mematikan mikrofonnya ... lalu disambung lagi oleh petugas dari awal karena petugas merasa mikrofonnya mati atau mungkin sinyalnya kurang baik. Kami mengulang doa Salam Maria pada peristiwa ke 2. Selanjutnya berjalan dengan baik dan tiba-tiba pada pertengahan peristiwa ke 4 "tet tet tet...rotiiiii...." terdengar suara itu bersamaan dengan Salam Maria. Kami sempat tersentak kaget dan senyum tersungging dibibir tetapi doa tetap berjalan.

Doa berjalan terus dan berakhir dengan berkat dari Romo Antara. Setelah berkat lalu dilanjutkan dengan Kuis Virtual Berhadiah yang dipandu oleh Ibu Theresia Tri Dyah dengan menyertakan Romo sebagai juri dadakan. Lima hadiah habis dibagikan karena kuis bisa dijawab dengan baik oleh Oma dan Opa. Hadiah dikirimkan ibu Nancy melalui titipan kilat. Host mengakhiri acara dengan memohon Romo menyanyi bersama Oma dan Opa. Terdengarlah lagu Sepanjang Jalan Kenangan yang menutup acara doa Rosario bersama secara virtual.

Semoga acara lain secara virtual bisa kembali digelar untuk mengobati rindu  para Oma dan Opa yang belum bisa keluar rumah dan berkumpul karena masih dalam masa pandemi COVID- 19. Sampai jumpa... Tuhan memberkati...

Liputan : Theresia Tri Dyah Permanawati

Foto : Theresia Tri Dyah Permanawati


Post Terkait

Comments