Perayaan Natal Lingkungan St. Laurentius

Sabtu siang, 14 Januari 2023, pukul 14:00 sampai 18:00 umat Lingkungan Laurentius merayakan Natal Bersama di Aula Xaverius Dormitory ATMI (Akademi Teknik Mesin Industri) Cikarang. Tema umum Natal Lingkungan Laurentius “… maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.” Tema ini diambil dari Mat 2: 12. Sedangkan tema khususnya: “Kasih-Nya Mengubahku”. Kegiatan diawali dengan registrasi umat yang hadir dan photobooth keluarga. Jumlah umat yang hadir kurang lebih 59 Keluarga atau 208 orang. Kegiatan terdiri dari dua bagian, yaitu ibadat sabda dan acara hiburan/ramah tamah.

Ibadat sabda dipimpin oleh Ibu Yohana Ima Mukanasari dan Bapak Moris Parninghotan Hutauruk, di mana keduanya merupakan prodiakon Lingkungan Laurentius. Bacaan pertama diambil dari Ibrani 4:12-16, sedangkan bacaan Injil diambil dari Mrk 2:13-17. Saat homili, Ibu Ima menjelaskan bahwa pada bacaan pertama, ketiga raja dari Timur yang telah bertemu dengan bayi Yesus, diminta Allah untuk pulang melalui jalan yang lain. Jalan lain ini mungkin kondisinya berbeda, bahkan mungkin lebih berat. Namun dengan penyertaaan Allah, kebersamaan satu sama lain, kesediaan untuk saling membantu dan saling melengkapi, membuat jalan baru itu dapat dilewati. Pada bacaan Injil, Lewi, sang pendosa disambut Yesus dengan suka cita. Yesus menunjukkan jalan baru kepada Lewi untuk bertobat dan menjadi pengikut Kristus yang setia.

Pada hari Natal, kita telah bertemu dengan bayi Yesus. Melalui perjumpaan ini, kita diharapkan untuk meninggalkan sifat-sifat lama kita yang buruk seperti sikap sombong, egois, mudah tersinggung dan mudah marah. Selanjutnya kita diajak meneladani sikap Lewi dan juga tiga raja dari Timur yaitu pulang melewati jalan yang baru. Jalan yang dimaksudkan adalah jalan pertobatan, jalan yang penuh kasih tanpa pamrih. Walaupun jalan ini terkadang terasa sangat berat dan sulit, namun dengan mengandalkan kasih Bapa dan menjalin kerjasama yang baik dengan sesama, maka semua jalan Allah ini akan dapat dilewati dengan baik.

Setelah ibadat sabda selesai, Bapak Bernardus Bambang Sapta Widyatmo,  selaku Ketua Lingkungan Laurentius menyampaikan kata sambutan. Pertamatama beliau menjelaskan bahwa semenjak pandemi, tidak ada kegi atan bersama secara offline. Kegiatan offline dilaksanakan hanya dalam bentuk kegiatan sub lingkungan. Kedua ada banyak umat baru di lingkungan Laurentius, sehingga perlu kegiatan gabungan antar sub lingkungan agar umat dapat saling mengenal satu sama lain. Ketiga Lingkungan Laurentius sejak Januari 2023 mengalami pemekaran dengan terbentuknya Lingkungan Santo Carolus Boromeus dari Sub Lingkungan Permata Cikarang Timur dan sekitarnya.

Acara selanjutnya snack time, hiburan dan ramah tamah. Performance ditampilkan oleh adik-adik Bina Iman Remaja (BIR) dan Bina Iman Anak (BIA), baik dari BIA Sub Lingkungan Permata Cikarang Timur, BIA Sub Lingkungan Citaville, BIA Sub Lingkungan Cipaganti dan BIA Sub Lingkungan Garden Ville. Tak lupa panitia juga menampilkan kaleidoskop Lingkungan dan pembagian doorprize yang dipandu oleh Tim MC dari BIR, yaitu Maria Nanda Gita Rosari, Marcellinus Virgian Bagas Kan- dera dan Christina Vannya. Performance terakhir ditampilkan oleh seluruh umat yang hadir, yaitu Laurentius berdansa. Acara diakhiri dengan foto bersama, pengambilan kado hasil penukaran antar keluarga, paket makanan dan goodybag, serta acara “bersih-bersih ruangan.”

Pada kesempatan ini, Ibu Untari Pricillia Valentina Ayuk, selaku ketua panitia Natal Lingkungan Laurentius menyampaikan kegembiraannya karena acara Natal Lingkungan ini berhasil berjalan dengan baik. Anak-anak BIA juga sangat gembira dan antusias bisa berkumpul dengan teman-teman seiman, serta bisa menampilkan performance terbaik mereka yang dikoordinir oleh pendamping BIA masing-masing sub-lingkungan. Setelah menari, anak-anak ini juga mendapatkan pembagian hadiah. Proficiat untuk Lingkungan Laurentius.

Liputan & Foto : Maria Magdalena Inawati


Post Terkait

Comments