Perayaan Natal BIA dan BIR Tahun 2022 - Lingkungan St. Bartolomeus

Puji Tuhan, Syukur kepada Allah.

Adapun yang selama ini menjadi kerinduan umat lingkungan St. Bartolomeus menjadi kenyataan. Setelah hampir 3 Tahun vakum karena efek pandemi covid-19, akhirnya perayaan Natal bisa dilaksanakan walaupun masih sebatas perayaan Natal BIA dan BIR Lingkungan St. Bartolomeus Tahun 2022.

Untuk pelaksanaan acara Natal BIA dan BIR Lingkungan St. Bartolomeus tahun 2022, dibentuk Panitia pelaksana yang terdiri dari Ketua (Bapak Gregorius Hery Purwoko), Sekretaris (Ibu Gisela Triyani), Bendahara (Ibu Agnes Widarningsih) dan seksi-seksi kepanitian mulai dari seksi Dana, Konsumsi, Acara, Liturgi, Tempat Dekorasi dan Perlengkapan, Dokumentasi dan Logistik, dengan melibatkan para pendamping BIA, pendamping BIR dan dibantu oleh para OMK Lingkungan St. Bartolomeus di seksi kepanitian tersebut. Dengan motivasi dan semangat menerima tanggung jawab ini, panitia pelaksana berupaya sebaik mungkin demi terlaksananya acara dengan baik sehingga mampu memberikan kenangan sukacita dan makna kelahiran sang Juru selamat untuk anak anak BIA dan BIR.

Hari itu, Sabtu 7 Januari 2023, dengan tanggung jawab dan semangat yang tinggi para OMK Lingkungan St. Bartolomeus yang dikoordinir oleh Maria, dipagi yang subuh sudah bergerak dari rumah menuju lokasi acara di Gua Maria Sendang Kahuripan, Sekolah Pang gudi Luhur Kota Deltamas untuk mempersiapkan tempat, dekorasi dan segala sesuatunya yang dibutuhkan nanti saat acara dilaksanakan, karena acara akan dilaksanakan mulai jam 08.00 pagi.

Perayaan Natal BIA dan BIR lingkungan St. Bartolomeus dengan tema: “Pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain”. Perayaan Natal kali ini disambut dengan antusisme umat yang luar biasa mulai dari anak-anak BIA, BIR, OMK dan para orang tua yang mencapai lebih kurang mencapai 170 orang dengan memakai dress code merah dan dress code putih untuk panitia pelaksana.

Acara pagi itu dimulai dengan Ibadat Sabda Natal yang dipimpin oleh Prodiakon dari Lingkungan St. Bartolomeus, Bapak Lorensius Pulo Daton. Untuk bacaan pertama diambil dari Yesaya 9:1-6 dan bacaan Injil diambil dari Matius 2:1-12 sesuai dengan tema Natal. Dalam pesan kotbahnya bapak prodiakon ini mengajak umat lingkungan, dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan selalu mengandalkan Tuhan dengan mengikuti petunjuk-Nya, dan memperbaharui semangat hidup yang baru dengan dengan cara meninggalkan cara hidup yang lama untuk kebaikan kehidupan kita.

Setelah Ibadah Sabda Misa selesai dilanjutkan dengan sambutan Natal dari Panitia pelaksana dan pengurus Lingkungan. Pada kesempatan ini juga diperkenalkan para pengurus baru dan dilaksanakan serah terima jabatan dari pengurus periode 2020-2023 ke pengurus yang baru terpilih untuk periode 2023-2025 secara simbolis. Untuk rangkain acara selanjutnya yaitu acara hiburan dan perlombaan yang dipandu oleh Bpk. Agung Maulana (pendamping BIR) dan Vivin (OMK) sebagai MC dan lomba cerdas cermat yang dipandu oleh Ibu Modesta. Adapun yang berkesan pada perayaan Natal BIA dan BIR ini dengan ditampilkannya pentas seni BIA dari setiap sub lingkungan yakni vocal grup, pembacaan puisi dan menari, lomba cerdas cermat BIA antar sub lingkungan, kuis tanya jawab dengan anak-anak BIA, games puzzle dan yang tidak kalah serunya adalah  performance dance BIA dari Agnes, persembahan drama dari anak-anak BIR tentang Kisah Kelahiran Yesus dan pembacaan puisi oleh para OMK. Khusus untuk Cerdas Cermat diperlombakan dengan tujuan untuk mengajak dan memotivasi anak-anak BIA lingkungan agar lebih rajin membaca Alkitab dan mengetahui pengetahuan umum seputar Paroki Gereja Ibu Teresa Cikarang dan Keuskupan Agung Jakarta. Di lomba cerdas-cermat ini, Anak-anak BIA dari Sub 2 yang terdiri dari Netta, Marcel Purba dan Kevan meraih juara 1, kemudian anak-anak BIA Sub 1 meraih Juara 2 dan anakanak BIA Sub 3 meraih Juara 3.

Setelah rangkain acara hiburan dan perlombaan selesai dilanjutkan dengan makan siang bersama, tukar kado dan pembagian goodie bag ke pada anak-anak BIA, ditutup dengan doa penutup dan sesi foto bersama.

Akhir kata, pengurus lingkungan St. Bartolomeus mengucapkan Selamat Natal untuk kita semua, dan terima kasih kepada sekolah Pangudi Luhur kota Deltamas, semua panitia pelaksana, OMK Lingkungan St. Bartolomeus, para donatur yang sudah ikut berbagi dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini, semoga damai sejahtera dan sukacita selalu menyertai.

Tuhan memberkati kita.

Liputan dan Foto : Hendra N. Purba (Sekretaris Lingkungan St. Bartolomeus)


Post Terkait

Comments