Penerimaan Komuni Pertama

Penerimaan Komuni Pertama di Paroki Cikarang dilakukan bertepatan dengan Perayaan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Komuni/communion, berasa dari Bahasa Latin communio yang berarti "berbagi bersama". Persekutuan para kudus, doktrin yang tercantum dalam Pengakuan Iman Para Rasul, merupakan persatuan rohani segenap umat Kristen, yang masih hidup maupun yang telah meninggal. Komuni adalah bagian inti dalam Ekaristi, dimana kita menerima Roti dan Anggur yang diyakini sebagai tubuh dan darah Kristus.

         

Proses penerimaan komuni pertama di Paroki Cikarang memang cukup lama karena selain waktu pembinaannya yang cukup lama, pendampingannya juga perlu keseriusan, baik dari pendamping maupun anak-anak. Dalam pembinaan anak-anak dilatih untuk menjadi pribadi mandiri sehingga mampu memahami dan memaknai kehadiran Yesus Kristus dalam Perayaan Ekaristi dan kehidupan nyata sehari-hari. Maka gereja tidak boleh main-main dalam memperbolehkan seseorang untuk makan roti dan minum anggur dalam Ekaristi. Keikutsertaan seseorang dalam sakramen Ekaristi untuk pertama kalinya disebut komuni pertama. Syarat yang harus dipenuhi sebelum menerima komuni pertama adalah : berada dalam kesatuan Gereja Katolik, usia, mengikuti persiapan komuni pertama, melakukan sakramen pengakuan dosa, puasa setidaknya satu jam sebelum Misa.

         

Batas ketentuan umum bagi anak-anak, disebut sebagai age of reason, dimana anak sudah dapat menggunakan akal budinya untuk mengetahui dan mengimani Ekaristi, adalah tepat tujuh tahun (minimal usia, pada hari pertama setelah ulang
tahunnya yang ketujuh).

Penulis : Tina (Tim Pembina Komuni Pertama

Foto : Dokumentasi Pribadi Warta Teresa


Post Terkait

Comments