Optimalkan Imunitas Anak di Masa Pandemi - Serial Bincang Sehat Paroki Cikarang

Serial Bincang Sehat kembali diadakan di hari Minggu tanggal 29 Agustus 2021, dengan. Serial Bincang Sehat yang ke-4 mengangkat judul ”Optimalkan Imunitas Anak di Masa Pandemi” Kali ini diadakan oleh Seksi Pemerhati Umat dan Anak Berkebutuhan Khusus (LOTS) Bidang Pelayanan Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa bersama PDKK ELZA Cikarang.

Tema anak diangkat pada Bincang Sehat kali ini dilatarbelakangi dengan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang mencatat bahwa jumlah anak yang terpapar COVID-19 mengalami peningkatan. Virus varian Delta diyakini memiliki kemampuan menginfeksi anak lebih kuat. Peran orang tua dalam hal ini menjadi penting untuk menjaga kesehatan anak yang optimal di masa pandemi ini. Narasumber Bincang Sehat kali ini dibawakan oleh dokter spesialis anak, dr. Mervin Tri Hadianto, dengan dipandu host Claudia Tetilaksita. Bincang Sehat diikuti oleh 50 orang peserta secara virtual melalui Zoom. Acara dibuka dengan doa pembukaan dan pesan singkat dari Romo Antara.

Dokter Mervin membuka materi Bincang Sehat dengan menjelaskan tentang sistem imun anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan (imun) anak antara lain nutrisi, kebersihan, imunisasi, infeksi, riwayat kekebalan ibu dan anak, riwayat stres dan trauma ibu, obat-obatan, juga polutan dan bahan berbahaya.

Risiko anak untuk tertular Covid-19 bisa jadi dari orang terdekat seperti orang tua yang bekerja, asisten rumah tangga yang tidak menginap, tamu atau keluarga yang berkunjung. Kabar baiknya, pada anak yang memiliki innate imunitas yang baik, akan cepat menghancurkan virus.

Nutrisi salah satu yang berperan dalam menjaga imunitas anak. Air Susu Ibu (ASI) mengandung komponen bioaktif yang penting untuk imunitas, salah satunya SIgA yang melindungi usus bayi. Kondisi kurang gizi (malnutrisi) pada anak seperti berat badan kurang, kegemukan (obsesitas) dan juga anak pendek karena kurang gizi (stunting) membuat respon imun anak rendah. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang adalah sumber nutrisi yang baik, selain perlu memperhatikan beberapa hal seperti proses memasak, penggunaan gula, garam, dan MSG. Begitu pula dengan pemberian suplemen haruslah rasional, tidak semua suplemen imunomodulator aman untuk anak yang kena COVID-19. Orang tua perlu mengetahui Angka Kecukupan Gizi yang mana dapat dilihat pada Permenkes 28/2019 dan rekomendasi IDAI saat anak sehat maupun sakit.

Dalam masa pandemi ini, dokter Mervin juga menyebutkan untuk para orang tua mengenali stress pada anak dan kecukupan tidur. Olahraga, salah satu cara efektif untuk menurunkan hormon stress, meningkatkan kebugaran tubuh, mengaktifkan sel darah merah, meningkatkan antibodi sehingga risiko anak terpapar virus rendah.

Di akhir paparannya, dokter Mervin mengingatkan untuk para orang tua melengkapi imunisasi anak, terutama imunisasi dasar. Jangan takut, vaksin aman dan efektif. Vaksin mencegah kematian dan kecacatan, juga memberikan imunitas yang lebih baik daripada infeksi alami.Dokter Mervin juga mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Di setiap serial Bincang Sehat selalu ada Quiz berhadiah menarik untuk para peserta. Kali ini hadiah berupa pulsa Ovo untuk 5 (lima) orang peserta beruntung. Para peserta tampak antusias menjawab Quiz yang dibacakan host Claudia, ditambah ada satu peserta beruntung dengan pertanyaan terbaik.

Sebelum akhir acara, dokter Olieve mengenalkan tentang LOTS. LOTS atau kepanjangan dari Love of Teresa Family adalah seksi pemerhati umat dan dan anak berkebutuhan khusus di bawah Bidang Pelayanan Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa. LOTS melaksanakan tugas gereja memperhatikan umat yang berkebutuhan khusus (UBK), cacat, difabel melalui karya sosial terutama anak yang masih dalam masa tumbuh kembangnya. Seksi ini mengajak umat untuk terlibat memperhatikan UBK sehingga terwujud kesetaraan, memberikan bantuan dan
pelayanan melalui kegiatan sosial dan LOTS bertanggung jawab terhadap kebutuhan UBK yang berkaitan dengan hidup menggereja.

Untuk Bapak ibu yang ingin bergabung dalam LOTS dapat menghubungi via Whatsapp Ibu Imelda di 0813 1096 2029 dan Ibu Hesty di 0821 1091 9845.

Liputan dan Foto : LOTS


Post Terkait

Comments