Misa Peringatan Arwah Semua Orang Beriman Tahun 2022 di Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa

Rabu 02 November 2022 pukul 19.00 WIB, Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa melaksanakan Misa Arwah di Aula sekolah Trinitas.

Setiap tanggal 2 November, Gereja Katolik mengenang dan mempersembahkan doa bagi semua orang beriman yang telah meninggal dunia melalui Misa peringatan arwah semua orang beriman. Gereja Katolik mendoakan jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal karena kita mengimani adanya Persekutuan Orang Kudus yang tidak terputuskan oleh maut (bdk Yoh 6:40 “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman”).

Lingkungan St. Anna, sebagai panitia misa arwah tahun ini, memulai persiapan sejak awal Oktober. Salah satunya dengan menghimpun intensi nama nama keluarga, sanak saudara, sahabat, dan semua orang yang akan didoakan dalam misa arwah. Total terkumpul 2284 nama yang diperoleh melalui pendaftaran link Google Form dan meja panitia di pintu gereja setiap misa selama bulan Oktober. Jumlah ini belum termasuk dengan intensi yang diterima langsung sesaat sebelum misa arwah dimulai. Banyaknya jumlah intensi membuat pembacaan nama-nama dilakukan mulai pukul 18.00 WIB, satu jam sebelum misa. Secara bergantian, 3 lektor (Sophia, Margaretha dan Umi) membacakan. Nama-nama juga ditayangkan di layar TV gereja. Namun keterbatasan waktu membuat tidak semua nama bisa dibacakan. Waktu yang menunjukkan pukul 19.00, adalah saatnya misa. 

Misa dipersembahkan oleh Romo Antonius Suhardi Antara, Pr. Dalam homilinya, Romo secara detil menjelaskan makna hari peringatan arwah bagi umat katolik. Sebuah hari yang dikhususkan untuk mendoakan arwah orang yang sudah meninggal dunia.

Arwah umat beriman bagi Gereja Katolik mendapat tempat istimewa dan khusus. Jika pun 2 November jatuh pada hari minggu, tetap akan dirayakan sebagai Hari Peringatan Arwah Umat Beriman untuk mengenang dan mempersembahkan doa. Imam bersama umat Katolik seluruh dunia mempersembahkan kurban Ekaristi. Mengharapkan semua orang beriman yang telah wafat disucikan dan dapat memandang Allah dalam kerahiman-Nya dan kegembiraan surga.

Selesai homili, Romo secara khusus memerciki dengan air suci foto-foto orang terkasih, bunga dan air yang dibawa oleh umat. Semuanya ditata rapi oleh panitia di rak dan meja yang sudah disiapkan. Dilanjutkan dengan pembakaran kertas intensi, agar semua doa dan cinta yang kita kirimkan sampai kepada orang yang dikasihi, yang sudah dipanggil Bapa di surga.

Antusiasme umat dalam misa ini tampak dengan banyaknya kehadiran mereka di aula sekolah Trinitas. Panitia mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi umat dan kerjasama seluruh petugas dan seksi yang terkait, sehingga Misa peringatan arwah tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik. Tuhan memberkati

Liputan : Cesilia Daeng - Panitia Misa Peringatan Arwah Semua Orang Beriman

Foto : Tim KomSos PC GIT


Post Terkait

Comments