Melepas Rindu Setelah 3 Tahun Tidak Berjumpa

TAPA/Proakolit terakhir dilaksanakan secara offline dengan keramaian yang luar biasa pada tahun 2019. Setelah itu kita mengalami pandemi COVID-19 sampai saat ini. Namun tahun 2022 ini Paroki Cikarang menjadi tuan rumah pelaksanaan TAPA/Proakolit secara hybrid.

Sistem hybrid ini tidak menyurutkan semangat dan antusias dari peserta yang datang pada hari Minggu, 17 Juli 2022 di Sekolah Pangudi Luhur Delta Mas, Cikarang. Paroki yang berpartisipasi dalam acara ini yaitu Paroki Bekasi, Bekasi Utara, Cikarang, Harapan Indah, Jatiwaringin, Kampung Sawah, Kranji, Lubang Buaya, Taman Galaksi, dan Stasi Kranggan.

Keseruan diawali dengan Misa yang dipimpin secara konselebrasi dengan 4 Romo sekaligus yaitu Romo Camel dari Paroki Cikarang, Romo Harry dari Paroki Harapan Indah, Romo Wartoyo dari Paroki Kampung Sawah, dan Romo Almo. Acara ini juga didukung oleh dewan Juri dari Komisi Liturgi KAJ, Frater Seminari Tinggi St. Yohanes Paulus II KAJ, Suster Imelda, dan Ibu Esti dari Paroki Kampung Sawah St. Servatius.

Walaupun dengan sistem hybrid, lomba yang diadakan tidak kalah seru dengan tahun sebelumnya. Lomba-lomba tersebut adalah Lomba Lektor, Mazmur, Tata Altar Tata Busana, Cerdas Cermat Liturgi, Virtual Choir (Daring), dan Amazing Race. Lomba tersebut disiarkan melalui Zoom sehingga para umat yang tidak hadir dalam acara dapat merasakan keseruan yang sama. Sore hari pun tiba maka pengumuman juara semakin dekat. para penonton yang hadir semakin antusias dan ramai untuk mendengarkan hasil lomba. Lomba Virtual Choir dimenangkan oleh Paroki Taman Galaksi St. Bartolomeus. Lomba  Mazmur Kategori SMP dan SMA keduanya dimenangkan oleh Paroki Bekasi St. Arnoldus. Lomba Lektor kategori SMP dimenangkan oleh Paroki Bekasi St. Arnoldus dan kategori SMA dimenangkan oleh Paroki Kranji St. Mikael. Lomba Tata Altar dan Tata Busana dimenangkan oleh Paroki Bekasi St. Arnoldus. Lomba Cerdas Cermat Liturgi dimenangkan oleh Paroki Cikarang Ibu Teresa.

Para penonton semakin ramai dan cemas menunggu Juara Umum TAPA 2022 ini yang akan membawa Piala bergilir. Akhirnya Juara Umum 1 yang membawa pulang Piala bergilir adalah Paroki Bekasi St. Arnoldus. Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa menempati Juara Umum 2 dan Paroki Kranji St. Mikael menempati Juara Umum 3. Selamat untuk semua paroki yang mendapatkan Juara.

Akhirnya seluruh rangkaian acara selesai dengan hati gembira setelah melalui kesulitan untuk menuju kemuliaan Tuhan sesuai dengan Tema yang diangkat yaitu Per Augusta ad Augusta Dei. Semoga dengan TAPA/Proakolit 2022 ini dapat menumbuhkan semangat pelayanan bagi para peserta misdinar. Mari kita buat Tahun 2022 ini sebagai awalan yang baik untuk menggiatkan kembali Pelayanan sebagai Misdinar atau Putra Putri Altar. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya terhadap acara TAPA 2022 ini mulai dari Romo Paroki, Dewan Paroki, Seksi-Seksi, dan Panitia. Sampai berjumpa di Tahun 2023 di Stasi St. Stanislaus Kostka.

Liputan dan Foto : Panitia TAPA 2022


Post Terkait

Comments