Makna Kenaikan Tuhan Yesus Ke Surga

Pembaruan Janji Baptis : Percayakah akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dilahirkan oleh Perawan Maria, yang menderita sengsara, wafat dan dimakamkan; yang bangkit di antara orang mati dan naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa?

Pada hari Kamis, 30 Mei 2019 umat Katolik merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Peristiwa kenaikan Tuhan Yesus merupakan salah satu kejadian penting dalam perjalanan misi Yesus ke dunia.

Ada 4 kejadian penting dalam perjalanan Yesus di bumi. Pertama, Natal (= Kelahiran Kristus). Kedua, Wafat Kristus (= Penebusan dosa). Ketiga, Paskah (= Kristus bangkit) dan yang keempat Kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Tanggal 21 April lalu baru saja kita rayakan Paskah. Dan sebentar lagi kita akan merayakan hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. 

Ada 2 pesan iman yang dapat kita tarik dari peristiwa Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga : 

1. Agar kita jangan takut dan kuatir diutus menjadi perpanjangan Tuhan melanjutkan karya-karya Nya. Sebelum Yesus terangkat ke surga, Dia mengangkat tangan- Nya dan memberkati murid-muridNya. Yesus berjanji tidak akan meninggalkan kita dan akan terus menyertai kita. (Lukas 24:50 “Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka”)

2. Agar kita  tetap memiliki sukacita dan semangat dalam melayani. Tuhan Yesus mengutus Roh Kudus/ Penolong di tengah-tengah kita di masa sulit sekalipun.  (Yohanes 14: 16 “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya”) 

Kiranya dengan memahami pesan iman dari peristiwa Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga, kita semakin diteguh- kan dalam mengemban misi Tuhan baik dalam pekerjaan, keluarga maupun pelayanan. Berani mewartakan hikmat dan kebenaran di mana kita berada.

Roma 11:36 “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya”.

Allah telah naik diiringi sorak sorai.

Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala.

Sebab Allah adalah Raja atas seluruh bumi,

bermazmurlah dengan lagu yang paling indah.

Allah merajai segala bangsa,

di atas takhta-Nya yang kudus Ia bersemayam. 

Sumber: Netty Handayani

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi WartaTeresa


Post Terkait

Comments