Lingkungan Santa Louisa de Marillac Goes to Kanada

Januari 2020 Lingkungan Santa Lousia de Marillac diresimkan sebagai lingkungan baru, bamun belum sempat berkegiatan, pandemi melanda sehingga segala perencanaan termasuk rencana ziarah bersama sebagai lingkungan baru pun buyar. Dibalik kejadian itu, umat lingkungan yakin bahwa Tuhan pasti punya rencana indah dan akhirnya pada hari Minggu 27 November 2022, kerinduan umat untuk berziarah bersama pun terwujud.

Antusias umat luar biasa, 2 bus besar dengan kapasitas 59 kursi pun diberangkatkan. Lansia, balita, remaja, orang muda, keluarga yang seluruhnya berjumlah 110 orang dengan bernuansa biru melaksanakan ziarah ke Bukit Kanada Rangkas Bitung.

Semua umat dengan khusuk mengikuti jalan salib dengan rute yang lumayan menanjak. Walaupun keringat bercucuran, kadang harus atur nafas saat bernyanyi menuju perhentian berikutnya tapi tetap semangat melanjutkan jalan salib sampai akhir. Kebersamaan dan kekompakan sangat terasa, saat para muda berjalan menuntun lansia, para ibu menggendong bayi kadang bergantian dengan suaminya, para orangtua sesekali menggendong balita yang kelelahan, semua saling menjaga anak-anak.

Kelelahan jalan salib pun terobati dengan mengikuti misa kudus adven pertama di kapel Gua Maria Bukit Kanada. Kebersamaan kemudian dilanjutkan bermain ombak di pantai Anyer.  Meneladan kaderisasi di Paroki Cikarang, pengurus inti Lingkungan Santa Louisa de Marillac pun membentuk kepanitiaan ziarah yang terdiri dari wakil umat kader-kader aktivis lingkungan untuk belajar mengelola suatu kegiatan, kedepannya diharapkan mereka menjadi aktivis baik di lingkungan di paroki. Demikian juga saat pelaksanaan ziarah, anak-anak diberi tugas untuk memasang lilin saat perhentian dan umat terlibat memimpin jalan salib supaya muncul kader-kader fasilitator ibadat.

Hati yang gembira adalah obat. Ya, kami umat lingkungan Santa Louisa de Marillac sangat bergembira dan bersyukur dapat pergi ziarah dan rekreasi besama, bahkan kegembiraan itu pun masih terasa sampai saat ini. Semoga kegembiraan ini dapat semakin membuat umat lingkungan semakin kompak dalam kebersamaan dalam karya-karya lingkungan ke depan.

Liputan dan Foto : Sherafina Reni


Post Terkait

Comments