Komunitas Orang Muda Lingkungan Bonaventura

Kondisi pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun bagi banyak kalangan terasa sangat menyulitkan dan membatasi ruang gerak, tidak terkecuali bagi umat gereja termasuk umat di lingkungan Santo Bonaventura.

Namun di sisi lain, baik kita sadari ataupun tidak, keadaan ini ternyata juga dapat mengasah kemampuan kita untuk lebih kreatif dalam berkarya. Terlebih bagi kaum muda yang umumnya memiliki semangat dan energi besar untuk terus berkreasi, tentu kita tidak ingin menyerah begitu saja pada keadaan.

Berawal dari pemikiran bahwa kita tidak boleh menyerah pada keadaan tersebut, kaum muda di lingkungan St. Bonaventura dengan difasilitasi oleh pengurus lingkungan mengadakan pertemuan, tentu saja secara virtual. Pada awalnya, mungkin karena cukup lama tidak saling berjumpa, pertemuan terasa belum “cair”. Tapi tidak lama. Dalam waktu singkat, di awal Bulan Juli 2021, menjelang peringatan nama pelindung lingkungan kami, disepakatilah terbentuknya komunitas para muda di lingkungan St. Bonaventura, dan diberi nama “Bonamuda” karena usia anggotanya yang berkisar dari belasan tahun hingga awal usia kerja.

Bonamuda muncul sebagai ruang komunikasi antar kaum muda untuk saling bertumbuh dalam iman dan pelayanan. Komunitas ini dibentuk dengan harapan agar sesama orang muda di lingkungan dapat menjalin hubungan dan keakraban, saling menginspirasi dan menguatkan, terlebih di masa-masa yang cukup sulit akhir-akhir ini. Selain di bidang kerohanian, Bonamuda diharapkan bisa menjadi wadah untuk bertukar informasi mengenai pelbagai hal seperti bisnis, pekerjaan, keterampilan, dan lain-lain. Bonamuda ingin menunjukkan bahwa pandemi bukanlah alasan untuk tidak aktif dalam berkomunitas dan berkarya di dalam maupun di luar lingkungan gereja.

Karena terbentuknya Bonamuda tepat saat menjelang peringatan nama Santo pelindung, yaitu tanggal 15 Juli, maka pengurus lingkungan langsung “menghadiahi” dengan tugas untuk
menyiapkan pelaksanaan misa Pesta Nama Pelindung Lingkungan yang diadakan pada tanggal 16 Juli 2021 yang lalu.

Wah, ini adalah tugas pertama yang cukup menantang, mengingat usia terbentuknya Bonamuda yang baru beberapa hari. Tapi justru kepercayaan ini membuat kami lebih bersemangat. Mulailah dengan dipimpin pembimbing kami, Kak Stanny, Bonamuda merencanakan segala sesuatunya dan langsung membagi tugas. Pengurus lingkungan hanya hadir mengikuti rapat-rapat virtual kami sambil memberi beberapa saran, selebihnya diserahkan pada kreatifitas kaum muda. Mulai dari pengoperasian Zoom meeting yang dipercayakan pada Winda, lalu Laras sebagai komentator, Putri sebagai lektris, Kak Bella dan Kak Joshua sebagai wakil umat (agar suara umat tidak saling tumpang tindih), Nanda sebagai solis untuk lagu pembuka dan penutup, Andreas sebagai pembaca doa umat, Evania sebagai
pembaca doa komuni batin, Richel sebagai penanggung jawab absensi, dan Fuyuna sebagai pengumpul intensi misa.

Misa online Pesta Nama Pelindung Lingkungan Bonaventura merupakan karya perdana Bonamuda. Misa dipimpin oleh Romo Antara dan seluruhnya dikoordinir oleh para anggota Bonamuda ini berjalan dengan lancar dan berkesan.

Setelah misa, Kak Stanny yang juga merupakan pembimbing kelompok Bonamuda menambahkan kemeriahan acara ini dengan mengadakan kuis berhadiah. Pertanyaan kuis seputar Alkitab, KAJ, Paroki, lingkungan, hingga sosok Romo yang dicintai umatnya. Banyak jawaban lucu dari umat menambah meriah dan hangatnya keakraban antar umat dan Romonya.

Kaum muda Bonaventura dengan Bonamudanya telah membuktikan bahwa di masa pandemi pun kita bisa berkarya bagi Tuhan dan sesama. Ke depan, Bonamuda siap untuk lebih berperan aktif sebagai bagian dari keluarga besar Lingkungan Santo Bonaventura.

Semoga semua kaum muda Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa berani mengambil bagian dalam setiap karya pelayanan di lingkungan masing-masing dan di tengah-tengah masyarakat.

Liputan dan Foto : Putri dan Laras


Post Terkait

Comments