Kehadiran-Mu Lebih Melengkapiku

Saudari-saudara yang dikasihi oleh Tuhan, dalam masa Adven ke II ini kita diajak untuk merenungkan kehadiran Yesus yang lebih melengkapi, seperti dalam injil hari ini Yohanes menyerukan “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis maka Allah akan mengampuni dosamu dan dengan demikian kamu akan melihat keselamatan yang dari Tuhan”.

Disini kehadiran Yohanes untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan dengan membaptis orang-orang yang percaya. Perkataan Yohanes “Bertobatlah” dengan berarti kita lebih masuk ke dalam diri melihat kedalaman hati dan mengubah apa yang tidak baik dan merendahkan diri dihadapan
Tuhan. Berilah dirimu dibaptis, ketika kita dibaptis kita menjadi anak-anak Allah yang memiliki hak waris dalam Kerajaan Allah dan menjadikan kita serupa dengan Allah dan Allah akan mengampuni dosamu, Allah begitu murah hati, Dia tidak pendendam ketika kita mengungkapkan segala kelemahan dan dosa kita dengan sungguh-sungguh, Ia senantiasa mengampuni dan selalu menanti kedatangan kita dan karena kasih-Nya yang luar biasa Ia mengaruniakan Putera-Nya yang tunggal.

Dan dalam penantian ini, saudari-saudara yang terkasih kita diajak untuk merasakan kehadiran Yesus, seperti tema hari ini “Kehadiran-Mu lebih melengkapiku”.

Ada sebuah kisah pasangan yang telah menikah bertahun-tahun namun belum dikaruniai keturunan, mereka merasa bahwa hidup mereka ada yang kurang dan hampa, bahkan umur keduanya tidak muda lagi, sang istri berumur 48 tahun dan sang suami berumur 66 tahun. Namun pasangan ini tidak berhenti berusaha dan berharap walau beberapa dokter mengatakan kemungkinan untuk mendapat keturunan sangat kecil. Mereka berdua sangat ingin ada riuh canda tawa dan suara anak di rumah mereka. Sang isteri mendapat peringatan dari dokter meskipun dia hamil sangat berbahaya karena usianya, tetapi sang istri siap hamil di usia berapa pun.

Tuhan mendengarkan doa dan permohonan mereka, sang istri dinyatakan hamil, banyak orang yang mengkhawatirkannya namun ia tetap mempertahankan kandungannya. Pasangan ini sangat bahagia karena akhirnya mereka memiliki keturunan dan kehadiran anak di keluarga kecil. Mereka mampu melupakan segala kesulitan dan kesedihan yang mereka alami selama ini hanya terpancar sukacita dan rela melakukan apa saja untuk anaknya.

Saudari-saudara yang terkasih, begitu juga dengan kita. Kehadiran Yesus dalam hati kita terasa lebih melengkapi dalam kehidupan ini. Kehadiran Yesus memberi kita kekuatan, ketika
kita mengalami kesulitan dan masalah kita tidak langsung terpuruk dan menyerah namun tetap semangat, bersabar dan terus berjuang. Kehadiran Yesus memberi kita hati yang lembut, dapat mengampuni orang yang bersalah dan selalu rendah hati dan semakin mengasihi serta selalu penuh dengan sukacita.

Dan sebagai orang beriman kehadiran kita ditengah-tengah keluarga, masyarakat, gereja dan negara juga mampu mencerminkan wajah Kristus karena Kristus sendiri telah hadir dalam hati kita dan telah melengkapi kita dengan kuasa Roh Kudus dan kasih-Nya sehingga kehadiran kita memberi sukacita bagi orang lain dan memberi arti bagi banyak orang.

Saudari-saudara yang dikasihi oleh Tuhan, mari dengan semangat kehadiran Kristus, kita mampu menjadi pewarta sukacita-Nya dan jangan pernah takut dalam situasi apapun tapi percaya dan katakan “Yesus kehadiran-Mu melengkapiku dan aku tidak akan kekurangan apapun”.

Tuhan Yesus memberkati

Penulis : Sr. Sisnawati Ginting, SFMA

Gambar : Dokumentasi pribadi Warta Teresa


Post Terkait

Comments