Dunia Anak - Roh Kudus Roh Penghibur

Apa kabar anak-anak Bina Iman Anak. Sehat selalu, tetap semangat, karena sebentar lagi akan kenaikan kelas bukan? Pasti kalian senang….. Dalam situasi yang menyenangkan itu tentu saja kalian pernah juga meng- alami kesulitan, putus asa dan juga pen- deritaan. Apa yang kalian rasakan saat itu ? ______________________________________________________

Anak-anak tidak perlu khawatir karena Tuhan menghendaki yang terbaik buat kita semua. Bahkan Tuhan juga memberikan Roh Penghibur untuk kita. Siapakah Roh penghibur itu. Yuk kita lihat renungan dibawah ini.

Roh Kudus adalah Roh Penghibur bagi umat-Nya. Ia diutus oleh Bapa di Surga untuk menyertai, menolong dan menghibur orang percaya dalam perjuangan hidup di dunia ini. Nabi Musa mengakui bahwa kebanggaan hidup manusia adalah kesukaran dan penderitaan (Mazmur 90 : 10). Penderitaan dan kesukaran sebenarnya datangnya dari iblis, si pencuri yang datang … hanya untuk mencuri dan membunuh serta membinasakan (Yoh 10 : 10a). Yohanes juga menambahkan “Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat” (Yoh 5 : 19).

Rasul Paulus adalah contoh orang yang mengalami dan merasakan ganasnya kehidupan ini. Ia harus menghadapi banyak  kesulitan, tekanan, penderitaan, bahkan aniaya dalam pelayanannya, namun ia bisa berkata “Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit ; kami habis akal, namun tidak putus asa ; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa” (2 Korintus 4:8-9). 

Kekuatan Paulus bukan karena ia mampu, tapi karena Roh Kudus yang selalu menghibur dan menguatkan dia.  Jadi, anak-anak jangan pernah kecewa, putus asa, apalagi sampai menjauh dari Tuhan hanya karena masalah yang sedang menimpa. Datang kepada Yesus dan serahkan semua beban permasalahan itu kepada-Nya. Dia mengajak “Marilah kepadaku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.” (baca di Injil Matius 11:28).

Percayalah bahwa setiap masalah, pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan kita. Tuhan tahu sebatas mana kekuatan kita. Pada saatnya Tuhan pasti akan menolong dan memberikan jalan keluar sehingga kita dapat menanggungnya (Coba baca 1 Korintus 10:13). Tuhan berjanji, “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus ; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kami” (lihat Yesaya 46:4)

Yuk kita lihat cerita bergambar disamping ini yang menunjukkan bahwa Roh Kudus, Roh Penghibur menolong juga para murid Yesus khususnya Petrus untuk berani menjadi saksi Kristus. 

Setelah merenungkan renungan di atas, jawab pertanyaan di bawah ini!

 


Post Terkait

Comments