Dewan Paroki Harian Menyapa Umat Secara Offline

Sektor Cibarusah 1, yang adalah giliran Romo dan DPH kunjungi pada hari Minggu tgl 21 Agustus 2022. Berangkat dari Trinitas jam 09.30 dengan menempuh waktu 20 menit saja, kunjungan ini mengambil lokasi pertemuan di rumah Bapak Yan, Ketua lingkungan Fransikus Xaverius. Kali ini DPH yang hadir, Pak Bimo Hartanto, Pak Benny Sutisna, Pak Markus, Pak Hanung, Pak Heri, Pak Wisnu dan Pak Eko Sanjoyo selaku DPH pendamping Lingkungan Sektor Cibarusah 1, dan dari Tim PPG yang ikut gabung dalam rangka sosialisasi PPG di Sektor ini, Pak Tri Budi, Pak Martinustri, Pak Agustri dan yang pasti Romo Antoro. Dan yang pasti hadir juga tim peliput kunjungan kita dari tim Komsos, Pak Purwo. Dari perwakilan pengurus lingkungan Cibarusah 1 pun komplit hadir semua, yaitu Bartolomeus, Damianus, Fransikus Xaverius, Kristus Raja, Louisa De Marillac, Rafael dan Vincentius.

Acara diawali dengan sambutan wakil dewan yang diwakili oleh Pak Bimo selaku Sekretaris DPH. Dalam sambutan awal ini, diingatkan kembali kepada seluruh pengurus lingkungan agar
bisa membangkitkan kembali semangat hidup menggereja dan bermasyarakat di masa
post-pandemic atau masa setelah pandemi ini. Setelah sambutan, seperti pertemuanpertemuan sebelumnya, pertemuan sektor ini dilanjutkan dengan presentasi mengenai dinamika lingkungan terutama bagaimana saat menghadapi pandemi. Ada beberapa lingkungan yang kegiatannya ada yang belum berjalan oleh karena pandemi tetapi banyak juga yang tetap berjalan.

Kegiatan internal lingkungan seperti kunjungan umat yang terdampak Covid-19, dan kegiatan-kegiatan doa  online juga banyak yang tetap berjalan. juga tetap berjalan. Tetapi semua lingkungan di Sektor Cibarusah 1 ini sudah mulai banyak mengadakan kegiatan lingkungan di masa post-pandemic ini. Pergumulan terbesar saat masa pandemi di sektor ini adalah banyaknya umat termasuk pengurus lingkungan menghadapi masalah kehilangan pekerjaan. Dalam diskusi, pengurus Lingkungan juga menyampaikan kepada pengurus DPH bila ada lowongan pekerjaan bisa diinformasikan.

Berikutnya yang menarik dalam sesi presentasi adalah dinamika kegiatan eksternal. Di area sektor ini, banyak terjadi pertumbuhan perumahan baru, dimana pergumulan awal umat tinggal di perumahan baru tidaklah mudah, seperti lingkungan Loise de Marilac pada masa awal banyak menghadapi tantangan dalam hidup menggereja. Dan juga lingkungan-lingkungan lain yang juga dialami dimasa sebelumnya. Tetapi Puji Tuhan, di Sektor Cibarusah 1 ini, keterlibatan umat dalam ikut terlibat dalam kegiatan masyarakat menjadi pondasi utama sehingga hubungan erat dengan masyarakat bisa meminimalisir gesekan-gesekan yang terjadi. Berperan dalam Foging dan ikut menjaga parkir saat Shalat Jumat, Shalat Idul Fitri, dan Idhul Adha juga dalam lingkungan hidup dengan berbagi tanaman menjadi kekuatan tersendiri dalam hidup bermasyarakat di sektor ini.

Dalam input sesi DPH ada beberapa poin saran. Dari secretariat adalah mengingatkan kembali ada lima lingkungan yang tahun depan melakukan penyegaran lingkungan. Dari seksi Prodiakon mengingatkan kembali prodiakon yang belum ada di lingkungan, serta pengadaan alat ibadah yang dikoordinir oleh sektor. Pak Hanung juga mengumumkan adanya Retret Pembebasan yang wajib diikuti pengurus yang baru dilantik tahun ini.

Sebelum input sesi dari Romo, dari PPG, Pak Tribudi meng-update status perijinan, dan langkah-langkah yang sudah ditempuh selama ini, termasuk juga kendala-kendala yang selama ini baru diketahui. Terakhir dalam input sesinya, Romo Antoro mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada pengurus lingkungan karena dalam masa pandemi ini, pengurus tidak hanya memikirkan keluarganya saja tetapi umat yang juga dilayani. Romo juga meminta pengurus memikirkan keberadaan prodiakon yang mekanisme pemilihannya seperti aturan yang berlaku di paroki. Berikutnya Romo juga mengingatkan akan tertibnya administrasi.

Umat harus tercatat di Biduk yang merupakan induk data Paroki dan Keuskupan. Hal ini tidak hanya untuk melayani berbasis data saja, Tetapi juga umat terdata terutama ketika pindah antar paroki. Di sisi lain, data yang valid berdasarkan pada biduk untuk menghindari pemalsuan surat-surat gereja.

Sesi tersebut berakhir dengan berkat Romo, dilanjut makan siang bersama, dan tidak lupa kami Romo, DPH dan aktifis lingkungan berfoto bersama. Kami kembali ke Pasturan dari Fransiskus Xaverius pukul 13.00.

Terima Kasih Lingkungan Fransiskus Xaverius dan Semua pengurus lingkungan dan Pak Eko selaku DPH Pendamping Lingkungan yang telah menyambut kami para DPH. Kita bertemu di lain waktu di sektor yang berbeda. Tuhan Yesus memberkati.

Liputan dan Foto : Yohanes Bosco Bimo Hartanto & Purwo Santoso


Post Terkait

Comments