Bersama Bahas Tapal Batas Lingkungan

Dalam Rapat Dewan Pleno (RDP) Minggu 15 Januari 2023 yang lalu pak Dwi N dari team Pemetaan Digital mempresentasikan batasbatas wilayah baik batas paroki maupun batas antar sektor dan lingkungan. Hal ini memang menjadi kebutuhan bersama tidak hanya bagi paroki Cikarang namun juga paroki-paroki di sekitarnya. Berdasarkan batas-batas tersebut lingkungan pun akan lebih mudah menjawab dan menjelaskan saat ada umat baru yang ingin mengetahui tempat tinggalnya berada di lingkungan mana dan dengan dukungan Google My Map pengurus lingkungan dapat memetakan rumah umat yang tinggal di lingkungan masing-masing.

Lingkungan-lingkungan menyambut baik dan sangat antusias mendukung pemetaan digital ini diantaranya Lingkungan Veronika yang berada di sektor Cibarusah 2, Lingkungan Vincensius dan Louisa de Marillac yang berada di sektor Cibarusah 1. Buktinya  bulan lalu, tepatnya hari Minggu 4 Desember 2022, ketiga lingkungan tersebut bertemu, berembug dan ngopi bareng di rumah bapak Teguh (lingkungan Veronika) untuk membahas tapal batas lingkungan. Inisiatif memang berasal dari pengurus Lingkungan Veronika, mengingat Lingkungan Veronika saat itu akan mekar menjadi 3 lingkungan, maka tapal batas lingkungan menjadi sangat penting untuk segera ditetapkan. Lingkungan Martha yang merupakan lingkungan pemekaran Veronika-lah yang nantinya akan berbatasan dengan Lingkungan Vinsensius dan Louisa de Marillac. Pertemuan yang dihadiri ketiga ketua lingkungan, pengurus lingkungan dan Ibu Sri Mulyani DPL Cibarusah 2 mempertimbangkan tapal batas lingkungan berdasarkan kedekatan pelayanan dan peluang-peluang ke depan untuk pemekaran lingkungan. Walaupun diwarnai dengan hujan petir dan akhirnya mati lampu, pertemuan mampu menghasilkan kesepakatan bahwa SDN Jayasampurna 02 menjadi tapal batas Lingkungan Louisa de Marillac, Lingkungan Veronika dan Lingkungan Vincensius. Wilayah yang berada di sebelah utara SD masuk lingkungan Louisa DM, wilayah sebelah selatan SD dan terletak di sebelah barat Jl Pegadungan adalah wilayah Lingkungan Veronika sedangkan wilayah di sebelah timur jalan adalah wilayah Lingkungan Vincensius.

Jalur Jegang – Pegadungan, Desa Jayasampurna dengan panjang 5,1 KM ini memang sangat potensial dalam pertambahan jumlah umat karena laju pertumbuhan penduduk dari tahun 2010-2020 sebesar 7,67%. Perumahan pun tumbuh bak jamur – tercatat sudah ada 10 perumahan – di jalur tersebut. Potensi perkembangan umat kedepan tersebut juga menjadi bahan bahasan ketiga lingkungan sehingga penentuan tapal batas juga menjadi salah satu tujuan agar pemekaran lingkungan menjadi lebih baik, misalnya dengan opsi menggabungkan umat yang ada di jalur Jegang – Pegadungan ini menjadi satu lingkungan baru untuk memudahkan pelayanan, karena berdasarkan data BIDUK jumlah KK di jalur ini tercatat ada 8 KK di lingkungan Louisa DM, 13 KK dari lingkungan Vincensius dan 15 KK dari lingkungan Veronika. Semoga penetapan tapal batas lingkungan ini dapat semakin merangkul umat yang berada di wilayah ini, semakin banyak umat baru yang terlibat, mampu melahirkan aktivis lingkungan dan semakin meningkatkan semangat pelayanan baik bagi pengurus maupun umat lingkungan.

Liputan & Foto : Sherafina Reni Lingkungan Santa Lousia de Marillac


Post Terkait

Comments