Akulah yang Memilih Kamu

Saudarai/a yang dikasihi oleh Tuhan kita Yesus Kristus, pada Minggu Paskah VI ini kembali kita diajak mendengarkan Sabda Tuhan untuk kita lakukan dalam perjalanan kehidupan kita lewat karya tugas pelayanan kita, agar kita pun siap dan mampu untuk semakin mengasihi semakin terlibat dan semakin menjadi berkat bagi sesama kita dimanapun kita berada. Dalam bacaan Injil Yesus mengatakan” AKULAH YANG MEMILIH KAMU.”.

Saudari/a yang dikasihi oleh Tuhan kita Yesus Kristus, sudah jelas bagi kita apa yang Yesus kehendaki supaya kita perbuat dalam hidup kita. Kita yang sudah dibaptis telah dipilih dan ditetapkan-Nya untuk mengemban dan melaksanakan perintahnya sebagaimana yang sudah dilakukan-Nya sendiri. Yesus telah memilih kita. Kini bagaimana tanggapan kita atas kepercayaan yang Ia berikan.

Disini kita juga dituntut untuk mampu percaya karena tidak semua orang percaya kepada-Nya dan diselamatkan, namun kepercayaan diperlukan juga keterlibatan kehendak bebas manusia, maka kita yang percaya kepada-Nya disebut bahwa kita “DIPILIH” karena sudah sejak semula Ia mengetahui bahwa kita akan menanggapi panggilan-Nya. Dan kita semua sebagai umat Kristiani tidak berasal dari kehendak diri sendiri tetapi berasal dari Tuhan Yesus Kristus yang memilih kita. Sebagaimana juga Yesus sendiri yang memilih para rasul dan bukan para rasul yang memilih Yesus sebagai sang Guru, seperti juga halnya seorang memilih bagi dirinya sendiri seorang nabi/guru; tetapi Yesus Kristuslah yang memilih mereka.

Dengan Yesus memilih Kita untuk pergi dan menghasilkan buah. Misi para rasul dan misi kita sebagai umat beriman adalah mengikuti Kristus yakni saling mengasihi untuk mengejar kekudusan dan untuk bekerja mewartakan injil dan doa juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita untuk dapat berbuah, sebab Tuhanlah yang memberikan pertumbuhan, dan Kristus sendirilah yang mempercayakan misi itu kepada kita.

Jika para rasul dan semua mereka yang telah dipilih-Nya dalam karya keselamatan telah menggores kisah hidup mereka untuk setia menjalankan tugas mereka dalam karya keselamatan bagaimana dengan kita apakah yang akan kita gores/ ukir dalam sejarah hidup kita dimana Yesus telah memilih kita untuk pergi dan menghasilkan buah yang sesuai dengan kehendak dan rencana Allah dalam hidup kita.

Semoga kita yang telah dipilih-Nya dapat melaksanakan apa yang dikehendaki, sebab Iman yang dianugerahkan. Semoga.

Penulis : Sr. Loren SFMA

Gambar : Dokumentasi pribadi Warta Teresa


Post Terkait

Comments